Bahasa Daerah Lampung




Dr. Van Royen membagi bahasa daerah Lampung dalam 2 dialek yaitu dialek nyo dan dialek api. kita dapat membedakan antara yang ucapan nya memakai a,o atau ou. dialek a digolongkan dalam dialek belalau, dialek o dan ou digolongkan dalam dialog abung sedangkan Van der Tuuk membagi bahasa Lampung dalam dialek Abung dan dialek Pubian.

Encylopaidie Van Nederlands Indie menyebut bahwa bahasa Lampung adalah Bahasa yang dipakai oleh penduduk di karesidenan lampung termasuk di daerah komering ( dalam Karesidenan Palembang ) dan daerah krui.

Masyarakat Lampung yang mempunyai tradisi Asli warisan dari zaman Malayo polenesia juga mempunyai tulisan tersendiri yang disebut huruf / aksara lampung (Kaghanga) mirip huruf Palawa Hindu

TRADISI
Adat Istiadat dan kehidupan tradisional menjadi ciri khas suku suku bangsa indonesia, yang sebagian besar menjadi penduduk daerah ini.

Namun demikian beberapa Tradisi asli upacara cakak pepadun (Upacara Pelantikan untuk memegang suatu jabatan / kedudukan dalam adat).

Pemberian gelar (adok/adek) dalam upacara perkawinan adat biasanya di ikuti oleh seluruh Masyarakat adat yang bersangkutan dan berlangsung cukup hikmad dan lama.

Minggu pertama diadakan acara rapat adat kampung, pada minggu kedua mempersiapkan segala keperluan dan sampai kepada upacara pernikahan. Upacara tersebut diatas sering juga disertai dengan acara acara kesenian, pesta khusus muda mudi seperti muakhi / jaga damar dan sebagai nya.

0 Response to "Bahasa Daerah Lampung"

Posting Komentar